Jumat, 10 Februari 2012

Satu-satunya Negara di Dunia, Hanya Ada di Indonesia

satu-satunya di dunia dan cuma hanya ada di indonesia yang memiliki konstruksi sebuah bangunan negara bangsa dimana bangsanya dulu dilahirkan merdeka baru kemudian membentuk negaranya. dan hampir semua negara di dunia memiliki konstruksi bangunan negaranya berbeda dengan negara kita. yang membedakan negara kita dengan negara lain di dunia yakni mereka membuat negaranya dulu baru bangsanya di lahirkan kemudian. satu hal yang sangat menarik untuk di bahas secara mendalam.
bangsa indonesia adalah sebuah nama yang tuhan ciptakan dari unsur-unsur pembentuk yakni jong-jong yang mewakili tanah kelahirannya, seperti jong java, jong ambon, jong sumatra, jong selebes, dll. dan jong-jong yang mewakili keagamaan, seperti jong islamieten bond. yang berkumpul pada saat kongres pemuda II yang di laksanakan di jakarta pada tanggal 28 oktober 1928, menghasilkan trilogi satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yang terkenal dengan momentum sumpah pemuda. kemudian melebur bersenyawa menjadi orang indonesia asli dan berkomitmen untuk mengangkat harkat dan martabat hidup orang indonesia asli sebagai sifat bangsa indonesia. berjuang bersama merebut kemerdekaannya dalam bentuk pemuda pergerakan .
kelahiran bangsa indonesia ini kemudian tertuang dalam isi teks sumpah pemuda yang berbunyi:
  • kami putra dan putri indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah indonesia.
  • kami putra dan putri indonesia mengaku ber bangsa satu, bangsa indonesia.
  • kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia.
bangsa menurut para pendiri bangsa kita adalah suatu kehendak jiwa untuk bersatu di dalam suatu teri torial tertentu. Yang tidak bertentangan dengan Q.S alhujurat ayat 13 yang berbunyiHai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”
Berdasarkan sejarah perjalanan bangsa Indonesia, definisi bangsa menurut para pendiri bangsa dan Q.S Alhujurat ayat 13. Kita dapat menyimpulkan bangsa indonesia adalah sekelompok manusia yang mendapatkan petunjuk dan menyatakan bersatu pada tanggal 28 oktober 1928, di dalam suatu batas wilayah yang terletak dia antara dua benua dan dua samudra. dua benua yakni benua asia dan benua australia, dua samudra yakni samudra hindia dan samudra pasifik.
Sejarah perjalan bangsa Indonesia ini pun kemudian di abadikan dalam pembukaan UUD ’45 alenia pertama sebagai dasar pijakan sebuah bangsa yakni “bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjahahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan pri keadilan.”Sehingga bangsa Indonesia bukan bangsa yang chauvinis.
Pada saat bangsa Indonesia lahir, waktu itu bangsa Indonesia dalam keadaan belum merdeka,Sehingga dengan komitmen untuk mengangkat harkat & martabat hidup orang Indonesia sebagai sifat bangsa Indonesia mereka berjuang bersama-sama hingga terbentuknya BPUPKI yang bertujuan untuk merumuskan dasar Indonesia merdeka. Akhirnya pada tanggal 1 juni 1945 setelah mendapatkan keputusan bersama, pancasila di tetapkan sebagai dasarnya Indonesia merdeka.
Sejarah perjuangan bangsa Indonesia ini pun kemudian di abadikan dalam pembukaan UUD ’45 alenia kedua sebagai dasar pijakan perjuangan sebuah bangsa yakni “dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.”
Setelah di tetapkanya pancasila sebagai dasar Indonesia merdeka, di saat jepang menyerah kepada sekutu pada perang dunia ke II. Kondisi ini di manfaatkan oleh para pendiri bangsa kita untuk memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia, tepat pada tanggal 17 agustus 1945. akhirnya bangsa Indonesia dapat mempoklamasikan kemerdekaannya. Yang berbunyi:
Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, di selenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Jakarta, 17 agustus 1945
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno-hatta
Sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia ini pun kemudian di abadikan dalam pembukaan UUD’45 alenia ke tiga sebagai dasar pijakan kemerdekaan bangsa Indonesia yang berbunyi “atas berkat rahmat tuhan yang maha kuasa dan dengan di dorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdakaannya.”
Ke esokan harinya, tepatnya pada tanggal 18 agustus 1945. PPKI mengangkat soekarno sebagai presiden dan mengangkat mohammad hatta sebagai wakil presiden untuk yang pertama kali nya. Sekaligus mengesahkan UUD’45 sebagai konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan terbentuklah sebuah Negara.
Sejarah terbentuknya Negara Indonesia ini pun kemudian di abadikan dalam pembukaan UUD’45 alenia ke empat sebagai pijakan terbentuknya Negara Indonesia yang berbunyi “kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memejukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social. Maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan Negara republic Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada pancasila.
Berdasarkan makna yang terkandung dalam sejarah bangsa Indonesia dan makna yang terkandung di dalam pembukaan UUD’45. Kita dapat menyatakan dengan tegas, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah bangsanya dulu terlahir, merdeka kemudian membentuk negaranya. Apa yang unik dengan sebuah bentuk konstruksi Negara ini?
Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadikan bangsa Indonesia berpfungsi sebagai sebuah pondasi, sedangkan Negara Republic Indonesia berfungsi sebagai bangunannya. Sehingga kestabilan Negara Kesatuan Republik Indonesia sangat di tentukan oleh kstabilan nasional (kestabilan bangsa Indonesia). Agar Bangsa Indonesia stabil maka MPR harus terbangun sebagai lembaga bangsa (bukan sebagai lembaga Negara) yang memberi mandat tunggal kepada lembaga negara (eksekutif, legislative dan yudikatif) berdasarkan pasal 3 UUD’45 yang ASLI. sehingga harkat dan martabat hidup rakyat indonesia terangkat secara bertahap dan berkelanjutan seiring proses pembangunan yg dilakukan oleh negara.
Sebelum itu semua, Dimensi Pancasila harus segera di bangun terlebih dahulu sebagai alat pengukur yang akurat nilai-nilai kehidupan yang dinamis dan tumbuh berkembang di Indonesia. Mulai dari standar nilai budaya dalam dimensi pancasila, standar nilai aturan dasar dalam dimensi pancasila, standar nilai interaksi sosial dalam dimansi pancasila, standar nilai politikdalam dimensi pancasila, standar nilai ekonomi dalam dimensi pancasila dan standar nilai lingkungan dalam dimensi pancasila
Pembangunan Dimensi Pancasila merupakan jaminan terangkatnnya harkat dan martabat hidup rakyat indonesia. karena Dimensi Pancasila mendorong kekuatan Bangsa Indonesia sebagai pondasi Negara Kesatuan Republik Indonesia, kemudian tumbuh dan berkembang secara utuh, kuat, dan kokoh di dalam keasliannya. Sehingga, Negara Kesatuan Republik Indonesia akan menjadi suatu kekuatan baru yang unik di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar