Sabtu, 11 Februari 2012

Kronologis Gerilya TNI Sebelum Serangan 1 Maret 1949 Ke Yogyakarta


Berhasilnya tentara Belanda menduduki tempat-tempat penting di kota Yogyakarta dalam waktu relatif singkat, menimbulkan kesan yang dalam pada masyarakat dan dunia interanasional seakan pemerintahan RI bukanlah pemerintah layaknya, dan TNI itu tidak kuat. Para pemimpin kita pada waktu itu khwatir hal ini bisa menjadi alasan de facto pemerintahan RI itu tidak memiliki legitimasi yang kuat pada rakyat Indonesia. 

Hal ini membuat Panglima Besar Jenderal Sudirman berpikir bagaimana caranya propaganda Belanda di dunia internasional dapat dipatahkan dan TNi dapat membuktikan masih eksis sebagai garda terdepan dalam menjaga tanah air tercinta ini.

Dari sini disusunlah berbagai rencana aksi Serangan Umum 1 Maret 1949 terhadap kota Yogyakarta secara terkoordinasi yang direncanaan dan dipersiapkan oleh jajaran tertinggi militer di wilayah Divisi III/GM III -dengan mengikutsertakan beberapa pucuk pimpinan pemerintah sipil setempat- berdasarkan instruksi dari Panglima Besar Sudirman, untuk membuktikan kepada dunia internasional bahwa TNI -berarti juga Republik Indonesia- masih ada dan cukup kuat. Rencana ini pun mendapat dukungan dari Sri Sultan Hamangkoeboeono.

Untuk membangun jaringan TNI maka di tugaskan Letkol. dr. Wiliater Hutagalung pada awal Februari 1948 yang kemudian sejak September 1948 diangkat menjadi Perwira Teritorial dan ditugaskan untuk membentuk jaringan pesiapan gerilya di wilayah Divisi II dan III. Pada pertemuannya dengan Panglima Besar (Pangsar) Sudirman guna melaporkan mengenai resolusi Dewan Keamanan PBB dan penolakan Belanda terhadap resolusi tersebut dan melancarkan propaganda yang menyatakan bahwa Republik Indonesia sudah tidak ada lagi. Melalui Radio Rimba Raya, Panglima Besar juga telah mendengar berita tersebut. Panglima Besar menginstruksikan untuk memikirkan langkah-langkah yang harus diambil guna mengcounter propaganda Belanda.

Inti gagasannya yang dikemukakan sebagai grand design adalah:
1. Serangan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Divisi III, yang melibatkan Wehrkreise I, II dan III,
2. Mengerahkan seluruh potensi militer dan sipil di bawah Gubernur Militer III,
3. Mengadakan serangan spektakuler terhadap satu kota besar di wilayah Divisi III,
4. Harus berkoordinasi dengan Divisi II agar memperoleh efek lebih besar,
5. Serangan tersebut harus diketahui dunia internasional, untuk itu perlu mendapat dukungan dari:

Wakil Kepala Staf Angkatan Perang guna koordinasi dengan pemancar radio yang dimiliki oleh AURI dan Koordinator Pemerintah Pusat. Unit PEPOLIT (Pendidikan Politik Tentara) Kementerian Pertahanan. Dalam serangan ini siaran radio ini berhasil mengudarakan keberhasilan serangan 1 Maret 1949 ke Yogyakarta yang banyak diterima oleh pemirsa di luar negari, sehingga memberikan simpati para pejuangan TNI.
Tujuan utamanya adalah Bagaimana menunjukkan eksistensi TNI dan dengan demikian juga menunjukkan eksistensi Republik Indonesia kepada dunia internasional. Untuk menunjukkan eksistensi TNI, maka anggota UNCI, wartawan-wartawan asing serta para pengamat militer harus melihat perwira-perwira yang berseragam TNI.

Sebelum serangan 1 Maret yang sesungguhnya maka TNi yang tersebar dalam berbagai wilayah di Yogyarakat dan sekitarnya melakukan aksi yang bertujuan menjatuhkan moral musuh dan agar mereka tidak dapat istirahat dengan dengan. Sejak agresi militer Belanda II, tentara Belanda di tempatkan pada banyak pos-pos yang terpencar-pencar. Sabotase-sabotase TNI yang memutuskan saluran telepon, merusak jaringan rel kereta api yang sering digunakan untuk mengangkut perbekalan pasukan Belanda cukup efektif membuat banyak posisi-posisi mereka goyah. Kekuatan persenjataan yang canggih seakan tidak berarti manakala penyerangan TNI dan berbagai barisan rakyat dan lascar dilakukan secara mendadak di malam-malam hari. Setelah melakukan beberapa tembakan dengan presesi tinggi pada penjaga, sehingga menimbulkan korban dipihak Belanda, pasukan TNI cepat berbalik ke hutan-hutan dan kampong-kampung sekitar Yogyakarta.

Berbagai aksi dan sabotase pada fasilitas-fasilitas vital Belanda ini dilakukan sebagai awalan dan pemanasan bagi seluruh anggota TNI dan barisan rakyat Secara umum ini terus menerus dengan area yang menyebar sebagai awalan serangan sesungguhnya pada 1 maret 1949. Belanda terpaksa memperbanyak pos-pos disepanjang jalan-jalan besar yang menghubungkan kota-kota yang telah diduduki, tetapi usaha ini menjadi sia-sia manakala setelah perbakan instalasi komunikasi yang digunakan Belanda dengan mudah diputus lagi oleh para Pemuda baik TNI maupun masyarakat Yogyakarta yang mendukung perjuangan TNI.

Perang gerilya yang dilakukan SWK-SWK dari Wehrkreise III hamper tidak berhenti. Berbagai penghadangan dan sergapan terhadap pos maupun konvoi Belanda hamper tiap hari terjadi. Pada tanggal 21 Januari 1949, gerilya WK III dalampenghadangan patrol Belanda antara Yogyakarta – Bantul berhasil menghancurkan 2 truk Belanda, dan tanggal 10 Februari 1959 terjadi penghadangan yang serupa.

Selain itu satuan TNI juga melancarkan serangan atas kedudukan Belanda di bantul yang membawa korban cukup besar bagi Belanda; beberapa orang anggota tentara Belanda tewas. Kecuali oleh satuan TNI di daerah selatan SWK 102. Penghadangan dan serangan terhadap kedudukan Belanda juga dilakukan oleh anggota kepolisian khususnya dari satuan Brigade Mobil pimpinan IP II, J. Soeparno di daerah Bantul Timur. Gerakan dari satuan ini pun menimbulkan kerugian dan kesulitan bagi pihak Belanda.

Demikian juga dengan Taruna Militer Akademi (MA) Yogya di bawah Komanda Gubernur MA Sendiri, Kolonel Djatikoesumo yang memimpin 1 kompi minus, yang terdiri dari 3 pleton, satu pleton di antaranya merupakan pleton gabungan yang terdiri dari Taruna MA, Tentara Pelajar, dan Tentara Genie Pelajar. Kompi MA tergabung dalam SWK 104 di bawah pimpinan Mayor Kasno, yang juga instruktur MA.
Kegiatan yang dilakukan oleh Kompi MA selama perlawanan gerilya antara lain penghadangan terhadap Belanda, serta penyerangan terhadap pos Belanda sepanjang jalur jalan Yogya – Solo dan Yogya – Kaliurang. Selain itu, Kompi MA juga breperang dalam serangan umum keua tanggal 9 Januari 1949. Dalam serangan umum tersebut

Kegiatan yang dilakukan oleh KOmpi MA selama perlawanan gerilya, antara lain penghadangan terhadap Belanda dan penghadangan dan penyerangan di jalur jalan Yogyakarta – Solo, Yogyakarta – Kaliurang. Selain itu Kompi MA juga berperan dalam serangan umum kedua tanggal 9 Januari 1949. Dalam serangan umum tersebut seorang taruna yang berpangkat Vandrig Kadet Lily Rochly gugur sewaktu menyerang Markas Militer Belanda di Gondokusuman (Sekarang Musium TNI-AD).

Kegiatan para anggota gerilya SWK-SWK dari Wehrkreise III hamper tidak berhenti sebelum penyerangan umum 1 Maret 1549. Berbagai serangan di lancarkan di objek-objek vital dan pos-pos Belanda yang terutama sepanjang Yogya – Solo. Di daerah sekitar Kalasan Prambanan antara lain seranagn terhadap Bogem, Pasukan Taruna dibantu oleh Ki Raharjo dari SWK 105 dengan mengerahkan 2 seksi senapan mesin berat dan 1 seksi senapan. Serangan ini menyebabkan tentara Belanda melancarkan pembalasan terhadap satuan MA.

Serangan tentara Belanda terhadap satuan MA, dilancarkan di sekitar daerah Kringinan – Plataran, wilayah Cangkringan – Kalasan. Pada kegiatan pembersihan yang dilakukan oleh Satuan Pelopor (Baret Hijau/Merah) Belanda di darah yang dipergunakan sebagai basis gerilya MA, maka di desa Pelataran pada tanggal 14 Februari 1949, terjadi pertempuran yang sengit antara Belanda dengan para taruna yang sedang beristirahat, setelah selesai menyerang pos Belanda di Bogem.

Serangan yang dilakukan oleh satuan Belanda secara mendadak tersebut mendapat perlawanan yang gigih dari para kadet MA, sehingga mengakibatkan gugurnya 2 perwira remaja lulusan MA, 5 orang taruna, dan seorang anggota Tentara Pelajar serta 2 taruna luka-luka.

Serangan terhadap kedudukan tentara Belanda di darah Yogyakarta, selain direncanakan terlebih dahulu dan dilakukan secara mendadak, kadang-kadang pula dilakukan di luar perencanaan, atau secara tiba-tiba. Kegiatan serangan semacam ini banyak terjadi di dalam Kota Yogyakarta. Terutama yang dilakukan oleh anggota TP yang membuat kantong-kantong gerilya didalam kota.

Pada sekitar bulan Januari 1949 pasukan TP berhasil menculik Kapten Belanda di jalan Lempuyung, juga meledakkan tank Belanda di daerah Ngasem dan Mangkubumen. Selain itu aksi TP juga menyerang pos Belanda di desa Besi dan Kledokan sebelah selatan Pakem, serta serangan-serangan pendadakan lainya di dalam kota.

Bulan Januari 1949 Belanda telah melakukan serangan berulang-ulang ke Yogyakarta Barat, tetapi serangan Belanda ini tidak berarti dan tidak menimbulkan korban di pihak kita, tetapi sayangnya Belanda melakukan pembakaran perkampungan rakyat.

Pada Februari 1949 pasukan Belanda bertemu dengan pasukan Yon 151 Brigade 10 yang atas perintah Dan Wehrkreise III, mulai 1 Februari 1949 dipindahkan dari sector Yogya Utara ke Sektor Yogya Barat di Gedean yan glebih rawan serangan Belanda. Pertempuran ini mengakibatkan beberapa korban. Pada serangan Belanda di daerah SWK 103 A pada bulan Februari 1949 di desa Pare gugur inspektur Polisi Toet Harsono dan Lettu Bos Kandou, Staf Operasi dari SWK 103 A.

Pada tanggal 28 Februari terjadi insiden karena kesalahan tanggal oleh pleton Komaroedin bergerak ke utara, menyusup dan menyerbu pos pertahanan Belanda di sekitar Kantor Pos Besar di sebelah utara Alun-Alun Yogya, kemudian bertahan di sekolah Kaputran. Serangan pendadakan yang dilakukan Komaroudin sangat mengejutkan dan berhasil mendesak pasukan Belanda yang kemudian bertahan di pos sambil mengirim berita untuk meminta bantuan. Tidak lama kemudian dating satuan tank yang melakukan penembakan membabi buta. Tembakan salvo pasukan Komaroudin memaksa satuan Belanda mundur sejenak. Kemudian dating lagi satuan panser lain yang memperkuat barisan Belanda. Barisan kendaraan berlapis baja ini menembaki sekolah Kaputran, tempat gerilyawan melancarkan serangan.

Terpaksa pasukan Komaroudin menyebar , berlindung dan bertahan. Letnan Soegijono yang berkedudukan dekat dengan Letnan Komaroudin. Letnan Gedeon dan Sersan Soejoed berhasil menghubungi Letnan Komaroudin dan menjelaskan kesalahan tanggal penyerangan ini. Dijelaskan bawah hari ini baru tanggal 28 Februari 1949, sedangakn serangan umum akan dilakukan esok pada tanggal 1 Maret. Akhirnya Letnan Komaroudin langsung menarik pasukannya ke luar kota sebelum Belanda bertindak lebih jauh yang bisa mengacaukan rencana besar penyerangan 1 Maret 1949. Letnan Komaroudin kembali menempatkan pasukannya ke posisi awal .

Hari itu juga Belanda langsung menyisir daerah tempat berlarinya pasukan Letnan Koumaroudin di perkampungan sekitar Alun-Alun Selatan dan daerah Tamansari. Seorang gerilyawan berhasil menembakkan senjatanya di posisi terembunyi dan langsung menghajar dada perwira yang memimpin penyisiran tersebut. Akhirnya Belanda menghentikan penggeledahan rumah penduduk dan pasukannya mengurusi mayat perwira tersebut dan kembali ke markasnya.

Insiden dengan pasukan Komaroudin ini Belanda mengalami kerugian tewasnya seorang perwira dan hancurnya 3 buah kendaraan lapis baja dari salvo pasukan Komaroudin., sedangkan pasukan Komaroudin kehilangan Sersan Mayor Moehamad, Sersan Soebani dan Prajurit Moenit yang gugur saat berlindung di alun-alun utara karena tidak sempat mengundurkan diri.

Pada tanggal 28 Februari ini selain insiden Komaroudin terjadi juga insiden di Giwangan, yaitu saat sore jam 18.00 salah satu satuan yang bertugas di Giwangan melakukan sabotase yang seharusnya dilakukan pada jam 04.00 pagi tanggal 1 Maret. Satuan ini memutuskan jaringan telepon yang menghubungi Yogya dan Kotagede, tetapi sayangnya aksi mereka ini diketahui oleh Belanda yang langsung mengerahkan brencarier. Kontak senjata terjadi yang mengakibatkan satuan ini kacau balau. Tembakan gencar SMB 12,7 Belanda membuat pasukan ini terpaksa mundur. Dalam insiden ini seorang perwira Belanda mati, 2 orang TNI kita gugur yaitu Prajurit Soekro dan Soedarsono.

Pada tanggal 1 Maret 1949 pukul 06.00 bersamaan dengan bunyi sirene tanda jam malam berakhir, satuan gerilya serentak ke luar dari kedudukannya. Dengan tekad yang mantap dan semangat tinggi masing-masing satuan gerilya di bawah kendala komandanya, bergerak menyerbu sasaran yang telah ditetapkan.

Kota Yogyakarta pertama kalinya di serbu pasukan gerilyawan secara besar-besaran dan serentak pada banyak posisi yang terpencar. Secara umum terbagi 4 area serangan yaitu dari arah selatan oleh pasukan SWK 102 di pimpin oleh Mayor Sarjono, dari arah Barat oleh pasukan SWK 103 A di pimpin Mayor H.N. Soemoeal, dari arah utara pasukan SWK 104 di pimpin oleh Mayor Soekasno, dan dadri arah timur yang dilakukan oleh Pasukan SWK 105 yang dipimpin oleh Mayor Soedjono.

Singakat cerita (cerita serangan ini cukup panjang, mungkin akan dijelaskan dalam artikel sejarah secara tersendiri) serangan ini berhasil mengusir Belanda keluar dari Yogjakarta dan TNI sempat menguasai Yogyakarta selama lebih dari 6 jam, tetapi yang penting dari serangan ini masyarakat internasional tahu bahwa perjuangan TNI adalah perjuangan rakyat yang didukung penuh. Hal ini juga menunjukkan bahwa Pemerintah RI masih ada dan juga berdaulat. Secara diplomasi Indonesia banyak mengambil manfaat dari serangan 1 Maret 1949 ini.

Referensi : 1. Seskoad, Serangan Umum 1 Maret 1949 Latar belakang dan Pengaruhnya.

2. DR. A.H. Nasution, Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia, Diplomasi atau Bertempur.

3. Sumber-sumber lainnya.


Sumber : http://www.indonesianvoices.info/2011/09/kronologis-gerilya-tni-sebelum-serangan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar